Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa tentang bagaimana memahami pentingnya permasalahan-permasalahan perkotaan dan transportasi, serta bagaimana cara menanggulanginya.

 

A.      Tujuan Mata Kuliah :

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan mengetahui arti pentingnya masalah perkotaan dan transportasi serta bagaimana solusinya.


Mata kuliah ini bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip ekonomi yang terkait dengan wilayah, sehingga lebih serasi/tepat untuk diaplikasikan dalam berbagai kebijakan pembangunan wilayah.

A.      Tujuan Mata Kuliah :

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip di bidang perencanaan dan pemanfaatan ruang wilayah.


Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami dan menguasai khasanah pentingnya teknologi informasi di lingkungan yang kondusif dalam menghadapi era globalisasi.

A.      Tujuan Mata Kuliah :

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami makna teknologi informasi dalam aplikasi pada sistem pelayanan publik.


Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami dan menguasai ilmu moneter dan perbankan serta praktek-praktek ilmu manajemen.

A.      Tujuan Mata Kuliah :

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami ilmu ekonomi moneter serta praktek-praktek dalam ilmu manajemen.


Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami peranan pemerintah dalam kehidupan ekonomi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan umum dan mengalokasikan sumberdaya yang optimal bagi seluruh masyarakat.


Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mempergunakan alat analisis yang tidak dibahas dalam Ekonometrika 1, yakni membahas topik-topik khusus yang meliputi model regresi dengan data panel, model persamaan simultan, dan topik Ekonometrika time series, yaitu ECM (Error Correction Model), ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average).

Tujuan Mata Kuliah :
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menguasai alat analisis baik kualitatif maupun kuantitatif.