investasi merupakan kegiatan menanamkan modal baik dalam bentuk barang, uang maupun teknologi, atau sering juga disebut transfer aset baik yang berwujud maupun tidak berwujud dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Hukum Investasi adalah himpunan peraturan perundang-undangan baik yang tertuis maupun tidak tertulis yang mengatur mengenai kegiatan investasi di indoensia. hukum investais bersumber pada peraturan perundnag-undnagan, traktat/perjanjian, kebiasaan, doktior maupun yurisprudensi.  investasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu Investasi  langsung (diirect investment)  maupun invetsai yang tidak langsung (Indirect Investment).

kegiatan invesatsi langsung diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanam Modal,

     Peraturan Kepala BKPM No. 12 tahun 2009 (Perka BKPM 12/2009) tentang Pedoman dan Tata Cara Permohonan Penanaman Modal; 
¨    Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal No.17 Tahun 2015 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal
¨          Peraturan Presiden No. 44 tahun 2016 Tentang Daftar Negatif;

Teori hukum berasaldariistilah legal theory, yurisprudence, rechtstheory. (abad 19). diawali minat FilsafatHukum mengalami kelesuan krn terlalu abstrak & spekulatif. DokmatikHukum terlalu kongkret dan terikat ruang dan waktu.

dilatari dg keberadaandisiplinilmiahttghukummemunculkan the challenge of synthesis (selznick-nonet) = sistematikal-metodikal-rasional=interdisipliner , pokok telaah:

1.analisis pengertian hukum,  pengertian & struktur sistem  hukum, sifat dan struktur kaidah hukum atau asas hukum;

2.metode penerapan hukum;

3.epistomologi hk;

4.kritk thd kaidah hukum positif

 tugas teori hukum (radbruch): membikin jelas nilai-nilai serta postulat-postulat hukum sampai kepada landasan filosifisnya yang tertinggi.


Mata Kuliah Sosiologi Hukum ini membahas mengenai hubungan timbal balik antara hukum dan masyarakat sebaliknya antara masyarakat dengan hukum